Terlintas  dalam benak saya, ketika membuka informasi dibuku panduan SNMPTN 2008 saya melihat Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran, program studi ini tidak terlalu banyak diminati oleh peserta SNMPTN pada umumnya hal tersebut dikarenakan sebagian besar mereka berpandangan dalam prospek ke depannya. Menurut saya sangat disayangkan apabila kita berfikir setelah lulus mendapat gelar Sarjana Kelautan mau jadi apa?. Lapangan pekerjaan bagi Sarjana Kelautan di Indoenesia memang terbilang masih sangat minim. Tapi apabila kita tinjau kembali kita bisa memajukan aspek industri di Indonesia dalam pengolahan biota laut , karena Indonesia merupakan negara maritim dimana potensi kekayaan alam dari sumber daya laut yang terdapat di negara kita sangat melimpah ruah dan seharusnya dapat dimanfaatkan serta dilestarikan mulai sejak dini. Sangat disayangkan sekali apabila hasil dari potensi laut kita secara ilegal dinikmati oleh pihak asing. Alasan saya memilih program studi Ilmu Kelautan, karena saya melihat kondisi realita yang terjadi pada laut Indonesia yang sangat kurang optimal dalam segi pengelolaan dan pelestariannya. Selain itu, adapula dalam segi sosial ekonomi dimana tingkat kesejahteraan masyarakat pesisir terutama nelayan terbilang masih rendah dibandingkan dengan petani kebun. Maka dari itu, selama saya masih menempuh pendidikan tinggi saya berusaha dengan semaksimal mungkin dimana ilmu yang saya terima bisa diterapkan, diaplikasikan ke lapangan dan masyarakat pesisir. Dimana hal tersebut sesuai dengan tridharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.